Telematika
merupakan adopsi dari bahasa Prancis yang sebenarnya adalah “TELEMATIQUE” yang
kurang lebih dapat diartikan sebagai bertemunya sistem jaringan komunikasi
dengan teknologi informasi. Pertama kali istilah Telematika digunakan di
Indonesia adalah pada perubahan pada nama salah satu laboratorium
telekomunikasi di ITB pada tahun 1978.
Istilah telematika sering
dipakai untuk beberapa macam bidang, sebagai contoh adalah:
- Integrasi
antara sistem telekomunikasi dan informatika yang
dikenal sebagai Teknologi Komunikasi dan Informatika atau ICT (Information and Communications
Technology). Secara lebih spesifik, ICT merupakan ilmu yang berkaitan dengan
pengiriman, penerimaan dan penyimpanan informasi dengan menggunakan peralatan
telekomunikasi.
- Secara
umum, istilah telematika dipakai juga untuk teknologi Sistem
Navigasi/Penempatan Global atau GPS (Global Positioning System) sebagai bagian integral
dari komputer dan teknologi komunikasi berpindah (mobile communication
technology).
- Secara
lebih spesifik, istilah telematika dipakai untuk bidang kendaraan dan
lalulintas (road vehicles dan vehicle telematics).
Sebelum
kita membahas tentang teknologi yang terkait dengan antar muka telematika,
sebaiknya kita terlebih dahulu memahami apa yang dimaksud dengan antar muka (interface). Pengertian antarmuka
( interface) adalah salah satu layanan yang disediakan sistem operasi
sebagai sarana interaksi antara pengguna dengan sistem operasi. Antarmuka(interface) ini komponen
sistem operasi yang bersentuhan langsung dengan pengguna. Ada beberapa fitur
teknologi yang terkait antar muka telematika yaitu sebagai berikut :
1. Head
Up Display (HUD)
Head
Up Display (HUD) merupakan sebuah tampilan transparan yang menampilkan
data tanpa mengharuskan penggunanya untuk melihat ke arah yang lain dari sudut
pandang biasanya.
Asal
nama dari alat ini yaitu pengguna dapat melihat informasi dengan kepala yang
terangkat (head up) dan melihat ke arah depan daripada melihat ke arah bawah
bagian instrumen. HUD dibuat untuk kepentingan penerbangan militer, tetapi
sekarang HUD telah digunakan pada penerbangan sipil, kendaraan dan diterapkan
oleh industri otomotif di dunia, dan BMW menjadi pabrikan otomotif pertama yang
meluncurkan produk massal dengan teknologi HUD di kaca depannya. Teknologi ini
tak hanya memberi kenyamanan bagi pengemudi, melainkan juga keselamatan
berkendara.
Contoh Head
Up Display (HUD) :
- Automobile
General
Motors mulai menggunakan display head-up pada tahun 1988 dengan layar warna,
pertama muncul pada tahun 2001 pada Corvette. Pada tahun 2003, BMW menjadi
produsen Eropa pertama yang menawarkan HUDs. Menampilkan menjadi semakin
tersedia dalam mobil produksi, dan biasanya menawarkan speedometer, tachometer,
dan menampilkan sistem navigasi. Tampilan malam pun juga ditampilkan melalui
HUD di General Motors tertentu, Honda, Toyota dan kendaraan Lexus. Manufaktur
lainnya seperti Citroen, Saab, dan Nissan saat ini menawarkan beberapa bentuk
sistem HUD. HUDs Sepeda Motor helm juga tersedia secara komersial.
2. Tangible User
Interface
Tangible
User Interface (TUI) adalah sebuah antarmuka pengguna di mana orang
berinteraksi dengan informasi digital melalui lingkungan fisik. Nama awal
Graspable User Interface, yang tidak lagi digunakan. Salah satu pelopor dalam
antarmuka pengguna nyata adalah Hiroshi Ishii, seorang profesor di MIT Media
Laboratory yang mengepalai Berwujud Media Group. Pada visi-Nya nyata UIS,
disebut Berwujud Bits, adalah memberikan bentuk fisik ke informasi digital,
membuat bit secara langsung dimanipulasi dan terlihat. Bit nyata mengejar
seamless coupling antara dua dunia yang sangat berbeda dari bit dan atom.
Contoh Tangible
User Interface (TUI) :
- Mesin
Penjawab Marmer oleh Durrell Uskup (1992). marmer adalah merupakan suatu pesan
yang ditinggalkan di mesin penjawab. Menjatuhkan marmer ke piring pemutar,lalu
memutar ulang pesan yang terkait.
- Sistem
Topobo. Blok di Topobo seperti blok LEGO yang bisa diambil bersama-sama, tetapi
juga dapat bergerak sendiri menggunakan komponen bermotor. Seseorang dapat
mendorong, menarik, dan memutar blok-blok, dan blok-blok bisa menghafal
gerakan-gerakan ini dan menggulang kembali gerakan-gerakan tersebut.
3. Computer
Vision
Computer
vision adalah ilmu dan teknologi mesin yang melihat, di mana lihat dalam hal
ini berarti bahwa mesin mampu mengekstrak informasi dari gambar yang diperlukan
untuk menyelesaikan tugas tertentu. Sebagai suatu disiplin ilmu, Computer
vision berkaitan dengan teori di balik sistem buatan bahwa ekstrak informasi
dari gambar. Data gambar dapat mengambil banyak bentuk, seperti urutan video,
pandangan dari beberapa kamera, atau data multi-dimensi dari scanner medis.
Contoh
aplikasi dari computer vision :
Beberapa
aplikasi yang dihasilkan dari Computer Vision antara lain :
- Psychology,
AI – exploring representation and computation in natural vision
- Optical
Character Recognition – text reading
- Remote
Sensing – land use and environmental monitoring
- Medical
Image Analysis – measurement and interpretation of many types of images
- Industrial
Inspection – measurement, fault checking, process control
- Robotic
– navigation and control
4. Browsing
Audio Data
Browsing
Audio Data merupakan metode browsing jaringan yang digunakan untuk
browsing video / audio data yang ditangkap oleh sebuah IP kamera. Jaringan
video / audio metode browsing mencakupi langkah-langkah sebagai berikut ;
Menjalankan sebuah program aplikasi komputer lokal untuk mendapatkan kode
identifikasi yang disimpan dalam kamera IP. Transmisi untuk mendaftarkan kode
identifikasi ke DDNS ( Dynamic Domain Name Server) oleh program aplikasi.
Mendapatkan kamera IP pribadi alamat dan alamat server pribadi sehingga
pasangan IP kamera dan kontrol kamera IP melalui kamera IP pribadi alamat dan
alamat server pribadi compile ke layanan server melalui alamat server
pribadi sehingga untuk mendapatkan video / audio data yang ditangkap oleh
kamera IP, dimana server layanan menangkap video / audio data melalui Internet.
Contoh Browsing
Audio Data:
Informasi
yang dapat dicari (browsed) melalui internet, yaitu: informasi berupa
teks (text/plain, text/html), image (image/gif, image/jpeg, image/png), video
(video/mpeg, video/quicktime), audio (audio/basic, audio/wav) dan application
(application/msword, application/octet-stream).
5. Speech
Recognition
Dikenal
juga dengan pengenal suara otomatis (automatic speech recognition) atau
pengenal suara komputer (computer speech recognition). Merupakan salah
satu fitur antarmuka telematika yang merubah suara menjadi tulisan. Istilah ‘voice
recognition’ terkadang digunakan untuk menunjuk kespeech recognition dimana
sistem pengenal dilatih untuk menjadi pembicara istimewa, seperti pada kasus
perangkat lunak untuk komputer pribadi, oleh karena itu disana terdapat aspek
dari pengenal pembicara, dimana digunakan untuk mengenali siapa orang yang
berbicara, untuk mengenali lebih baik apa yang orang itu bicarakan. Speech
recognition merupakan istilah masukan yang berarti dapat mengartikan
pembicaraan siapa saja.
Contoh Speech
Recognition :
Aplikasi
perawata kesehatan. dalam metode perawatan kesehatan domain, bahkan di
bangunmeningkatkan teknologi pengenalan suara (transcriptionist medis (MTs) belum
menjadi ibunya.
6. Speech
Synthesis
Speech
synthesis adalah sebuah kemampuan bicara manusia yang dibuat oleh manusia
(artificial). Sebuah sistem komputer digunakan untuk tujuan ini yang disebut
sebagai speech synthesizer, dan dapat diimplementasikan ke dalam software atau
hardware.Synthesized speech dapat diciptakan dengan menggabungkan beberapa
potongan-potongan dari pembicaraan atau pidato yang sudah direkam dalam sebuah
basis data. Kualitas dari sebuah speech synthesizer dilihat dari kemiripannya
dengan suara manusia dan kemampuannya untuk bisa dipahami.
Contoh Speech
Synthesis :
Sebuah
sistem text-to-speech (TTS) yang dapat mengkonversikan teks dengan bahasa biasa
menjadi suara. Program TTS yang jelas dapat membantu orang dengan gangguan
visual atau ketidakmampuan membaca, untuk mendengarkan pada pekerjaan yang
tertulis dalam komputer. Banyak Sistem Operasi komputer yang telah dimasukkan
speech synthesizer sejak tahun 1980-an.
SUMBER :
0 komentar:
Posting Komentar