Assalamu’alaikum wr.wb
Yaaaa …., masih dengan tugas yang
sama yaitu membuat resume. Pada kesempatan ini, saya membuat resume mengenai
struktur pasar. Yuuuk mulai dibaca~
Pasar merupakan
tempat interaksi antara penjual dan pembeli untuk melakukan proses jual beli.
Sedangkan struktur pasar dapat diartikan sebagai penggolongan produse kepada
beberapa bentuk pasar berdasarkan pada ciri-ciri seperti jenis produk yang
dihasilkan, banyaknya perusahaan dalam industri, mudah tidaknya keluar atau
masuk ke dalam industri dan peranan iklan dalam kegiatan industri.
Struktur pasar
dibagi ke dalam beberapa jenis, yaitu :
1. Persaingan Sempurna
2. Pasar Monopoli
3. Pasar Monopolistik
4. Pasar Oligopoli
5. Pasar Duopoli
Dari penjelasan
kelompok 4, terdapat beberapa pertanyaan, yaitu :
1. Bagaimana cara menaikkan pasar
tradisional menjadi pasar modern ???
Pasar merupakan tanggung jawab
pemerintah daerahnya masing-masing. Jika lapak pasarnya bagus, maka harganya
pun tinggi. Pasar modern ada hanya di beberapa wilayah saja, seperti di daerah
BSD, Tangerang. Dan tidak semua wilayah dapat menyediakan lapak untuk pasar
modern.
2. Apa perbedaan pasar konkret
dan pasar abstrak ???
Pasar konkret dapat dikatakan
sebagai pasar real. Para penjual dan pembeli bertemu secara langsung.
Sedangkan, pasar abstrak yaitu pasar tidak nyata. Pasar ini secara fisik, barangnya tidak ada di tempat. Tapi,
kita bisa melakukan transaksi. Berikut ini beberapa contoh yang termasuk ke
dalam pasar abstrak, yaitu:
1. bursa/pasar komoditi : pasar
yang menjual barang-barang pertanian, contohnya bawang, kedelai, dll.
2. bursa valuta asing : pasar
yang menjual uang-uang asing.
3. bursa saham
Dan itulah resume yang saya buat
kali ini. Jangan bosen-bosen buat baca resume saya yang lain yaaa~
Wassalamu’alaikum wr.wb
0 komentar:
Posting Komentar