Senin, 29 April 2013

OPINI SAYA TERHADAP MATAKULIAH SOFTSKILL


Assalamu’alaikum wr.wb

                Kesempatan kali ini, saya akan menuliskan opini saya terhadap matakuliah softskill, yuuuuk disimak :D

Sebelumnya, apa sih itu arti dari softskill ??? softskill artinya keterampilan seseorang dalam berhubungan dengan orang lain termasuk dengan diri sendiri. Dari pengertian tersebut, saya dapat memahami tujuan dari adanya matakuliah softskill, yaitu untuk mengetahui keterampilan atau bakat apa saja yang ada dalam diri kita masing-masing. Karena, semua manusia pasti memiliki keterampilan, bakat yang luar biasa yang diberikan oleh Allah SWT.
Saat saya mendapatkan matakuliah ini di semester 1, saya menganggapnya biasa saja. Saat itu saya masih menggampangkan matakuliah ini. Karena, pertemuannya yang hanya 1 bulan sekali, dan tugas yang diberikan oleh dosen pun tidak begitu sulit. Karena masih boleh mencopy paste, asalkan tidak lupa untuk mencantumkan sumber dibawah tulisan yang saya buat. Namun, pada saat saya semester 2, dosen saya mengajarkan untuk menulis dengan kata-kata sendiri. Boleh mengutip dari suatu sumber, namun, setelah itu kita harus belajar untuk memahami dan menulis ulang maksud dari kutipan tulisan tersebut dengan memakai bahasa sendiri. dan pada saat semester 3, saya mendapatkan dosen yang bisa dibilang cukup nyantai. Karena, kita diperbolehkan mengcopy paste sesuai dengan materi yang diberikan, namun tetap harus ditulis sumbernya.
Pada semester 3 kemarin, saya menambah matakuliah bahasa indonesia, dan ternyata itu matakuliah softskill. Awalnya saya dan 2 orang teman saya keteteran, karena kami sempat 1 kali pertemuan tidak hadir. Dan ternyata dosen itu sudah memberikan banyak tugas. Saat itu, saya disuruh membuat 20 tulisan hasil sendiri dan 5 tugas yang diperbolehkan mengcopy paste, tapi harus ada tulisan sendirinya juga. Saya ingat apa yang dikatakan beliau saat dikelas “kalian itu harus banyak berlatih menulis. Jangan selalu mencopypaste. Coba untuk menulis dengan bahasa sendiri dan menggunakan bahasa EYD yang baik dan benar. Karena ini penting sekali saat kalian menghadapi PI atau skripsi.” Dan dari situlah saya menyadari, jika kita tidak boleh menggampangkan sesuatu. Apa yang terlihat mudah, belum tentu semuanya dapat dikerjakan dengan mudah pula.
Dan semester 4 ini, saya mendapatkan dosen yang bisa dibilang cukup tegas dalam mengajar. Beliau mengajarkan untuk menulis artikel  atau tulisan dengan kata-kata sendiri. Meskipun tugas yang diberikan cukup banyak, dan lumayan bikin otak muter-muter bingung mau nulis artikel apa lagi, tapi ini sangat bermanfaat bagi saya.Karena, dari sini kita diajarkan untuk belajar menghargai diri sendiri, menghargai apa yang kita punya dalam diri kita, dan kita harus memanfaatkan itu semua secara positif. Dan dengan matakuliah softskill ini, kita bisa belajar hal-hal kecil yang sepele yang ada disekitar kita.
Sekian opini tentang matakuliah ini, semoga kita semua bisa menanggapinya secara positif dan enjoy okeeey guys~

Wassalamu'alaikum wr.wb

0 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Posting Komentar

Follow Me

Followers